Top Ad unit 728 × 90

Derkuku Kelantan, Tekukur Indonesia

5 Tips Memilih Derkuku Berdasarkan Kualitas Anggung

Derkuku Dengan Ring sebagai tanda hasil ternak
Salah satu alasan kenapa seorang penghobi memilih burung derkuku sebagai salah satu burung koleksi di rumah adalah berdasarkan kualitas suara anggungnya dan perawatan yang relatif mudah. Namun adapula gemar memelihara derkuku sejak kecil sehingga ketika sudah lama tidak mendengar suara derkuku, baik dari alam atau di kandang rasanya ada sesuatu yang bikin kangen.

Jika kita ingin kembali mempunyai derkuku, untuk dinikmati kualitas suara anggungannya. Alangkah kita mempunyai beberapa pedoman / patokan dalam memilih derkuku yang berkualitas unggul dalam hal suara. Tentunya secara fisik bagi kami yang penting burung sehat, tidak ada cacat fisik yang berpengaruh pada kualitas suara, cukup umur sehingga dapat dinilai kualitas suaranya.

Tips yang kami utarakan disini tentunya berpedoman pada pakem penilaian burung derkuku lomba, dalam seni suara alam derkuku yang telah dibukukan dan dibakukan oleh para senior dan sesepuh derkuku Indonesia. Langsung saja ke point utama :

1. Irama : Pada point utama ini, bagaimana suara burung kita dengar terasa enak, tidak ada ganjalan di telingan. Merdu, burung bersuara penuh, lengkap dan stabil antara bunyi depan, tengah dan ujung. Harmoni, selaras, enak untuk dilaras. Tentunya penilaian ini bersifat dapat diterima kebanyakan orang, terutama bagi kita yang hendak memelihara burung derkuku. Jangan memaksakan membeli, jika saat kita dengar suara / bunyi anggungnya membuat kita tidak sreg di hati.

2. Dasar Suara : Suara derkuku kempel, bening dan tembus. Dapat dinikmati suara anggungnya, Dapat terdengar dengan selaras di telingan dan tembus di hati. Tandesnya suara, jernihnya, dan tekanan setiap anggung terdengar sampai telinga kita. Irama dan dasar suara point pokok yang,menjadi pijakan kita dalam memilih derkuku berdasarkan kualitas suaranya.

3. Suara Depan / Bunyi Depan / Degg kuu : Tentunya kita lebih suka untuk memilih suara derkuku yang bunyi depannya jelas terdengar dan ada tekanan setiap anggungnya.

4. Bunyi tengah / Suara Tengah  : Jelas, Jernih, membat baik itu suaranya kristal, ngangklung ataupun ngriung. Tentunya berdasarkan selera kita.

5. Bunyi Ujung / Suara Ujung derkuku, : Lengkap . ada (bukan kol buntet  atau daglong. Stabil keluar terus. Untuk jumlah kuk berdasarkan pakem lomba harus kuk 1, agar dapat dinilai. Namun untuk klangenan atau hobi derkuku banyak penghobi yang suka kuk 2 ( tumpang sari ) kuk 3 dan seterusnya.

 Di atas adalah beberapa pedoman dan tips memilih burung derkuku untuk dinikmati suara anggungnya. Selera setiap telingan dan hati tentunya tidak semua sama. Ada yang berat di point ke 5, atau pun point 1. Namun dalam pakem lomba seni suara alam derkuku, point 1-5 sudah urut sebagai point penilaian dengan bobot penilaian, serta sebagai urutan nilai aduan jika total nilai 2-3 burung dengan bobot sama.

Salam Lestari Pecinta Derkuku di Seluruh Nusantara.



5 Tips Memilih Derkuku Berdasarkan Kualitas Anggung Reviewed by Eko Prasetyo on 9:51 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Gema Bahana - Gema Anggungan Nusantara © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.