Top Ad unit 728 × 90

Derkuku Kelantan, Tekukur Indonesia

Penangkaran Dan Ternak Derkuku, Upaya Pelestarian Serta Peninggkatan Kualitas Anggun

Maraknya pemburuan liar, berkurangnya lahan hijau, polusi dan pencemaran lingkungan disebabkan dari limbah hasil produksi tentu saja sebagai salah satu ancaman berkembangnya populasi burung derkuku di alam liar. Belum lagi karena perubahan cuaca yang begitu ekstrim, dari panas tiba-tiba hujan deras, atau dingin sekali, Sehingga banyak telur yang gagal menetas, piyikan yang tidak mempunyai kekebalan tubuh maksimal mati, serta ancaman predator alami.
Anakan Derkuku hasil ternak Dian BirdFarm Solo - Gema Bahana

Sebagai penghobi, penikmat dan pemerhati akan kelestarian derkuku, melakukan penangkaran / ternak menjadi salah satu cara terbaik. Langkah aktif kita dalam ikut serta pelestarian alam dan lingkungan. Semua bisa diawali dari kita, sejak dini sehingga sifat dan sikap kearipan kita kepada hewan dan alam bisa kita turunkan kepada anak-anak kita. Tentu saja baik dan banyak keuntungan yang bisa kita ambil dari langkah tepat ini.

Dengan lahan yang sempit, bukan menjadi alasan kendala kita. Karena dengan kandang ternak minimalis saja, derkuku bisa berkembang biak dengan nyaman. Suplay makanan dan minuman, serta tercukupi kebutuhan nutrisi lain. Yang tidak kalah penting adalah kebutuhan akan sinar matahari / panas. Dengan materi yang bisa saja kita dapatkan dari penjual burung di pasar burung, derkuku alam / tangkapan liar biasanya dihargai Rp 50.000,-Rp 70.000,-/pasang. Kandang ternak bisa saja bikin sendiri atau beli siap pakai full-set yang biasa buat ternak lovebird sekitar harga Rp 140.000,-/kandang. Penempatan kandang di tempet di dinding, nyaman dari predator dan sedikit lalu lalang orang.

Dengan sedikit kesabaran, ketelatenan dan keilmuan yang bisa kita dapatkan dari pengalaman dan sharing antar penghobi dan peternak, membaca berbagai referensi ternak derkuku baik itu dari sumber buku dan internet. Semoga yang awalnya hanya satu pasang, bisa menjadi banyak.

Dari langkah awal ini, akan membuat kita semakin cinta terhadap ciptaan Allah SWT. Butuh waktu sambil terus belajar untuk meningkatan kualitas hasil ternakan kita. Dari hal pemilihan bibit, penjodohan, perawatan anak, memantau kualitas anggungan, bahkan penanganan terhadap serangan penyakit yang ada pada burung derkuku kita.
Penangkaran Dan Ternak Derkuku, Upaya Pelestarian Serta Peninggkatan Kualitas Anggun Reviewed by Eko Prasetyo on 9:07 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Gema Bahana - Gema Anggungan Nusantara © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.